KULIAH TAMU SEMESTER GASAL TA. 2022-2023
Dosen Tamu Internasional dari BURNET Institute Australia perwakilan UNFPA Asia Pasifik

By PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEBIDANAN MALANG 29 Mei 2023, 16:21:46 WIB berita
KULIAH TAMU SEMESTER GASAL TA. 2022-2023

Keterangan Gambar : Kuliah Tamu Semester Ganjil TA. 2022-2023


Prodi Diploma III Kebidanan Poltekkes Kemenkes Malang telah mengadakan kuliah tamu dengan tema “Bidan di Era Society 5.0 dan Globalisasi”. Tema ini diambil sejalan dengan program unggulan Prodi Diploma III Kebidanan yaitu Program GEMPAR-Terintegrasi, dan tentunya sejalan dengan visi dan misi Prodi.

Pada saat ini, dunia telah memasuki era society 5.0, dimana perkembangan teknologi bertambah canggih. Perubahan dalam dunia industri telah berevolusi dalam beberapa aspek ditandai dengan kemunculan super komputer, robot pintar, kendaraan tanpa pengemudi, cloud computing, sistem big data, rekayasa genetika dan perkembangan neuroteknologi. Selain itu, di era society 5.0 ini terciptanya alat-alat yang membantu mempermudah pekerjaan manusia seperti adanya robot untuk meningkatkan efisiensi serta menyelesaikan suatu pekerjaan, baik dalam bidang industri, kesehatan, dan juga di bidang pertanian.

Ketika perkembangan teknologi berlangsung maju begitu cepat, menyebabkan keterampilan yang dimiliki oleh pekerja menjadi cepat usang. Para tenaga kerja manusia tidak menutup kemungkinan akan menghadapi jenis pekerjaan baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya, sehingga revolusi ini mau tidak mau menuntut kita untuk terus mengembangkan keterampilan yang dapat bermanfaat di masa depan. Selain itu untuk menghadapi era revolusi saat ini, kita juga harus memiliki keterampilan softskills. Oleh karena itu, sebagai tenaga kesehatan khususnya bidan, perlu mempersiapkan tantangan global ini agar siap menghadapi era society 5.0.

Melalui kuliah tamu ini, diharapkan mahasiswa dan civitas akademik Prodi D-III Kebidanan Poltekkes Malang mempunyai gambaran mengenai Bidan dalam menghadapi era Society 5.0 dan globalisasi.

Kuliah tamu dengan tema “Bidan di Era Society 5.0 dan Globalisasi” dilaksanakan pada hari Rabu, 23 November 2023 dengan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab secara daring melalui platform Zoom Cloud Meeting. Pada kegiatan ini, terdapat 2 pembicara yaitu Ms. Rachel Smith pada sesi pertama. Beliau adalah bidan dari BURNET Institute Australia yang mewakili UNFPA Asia Pasifik dengan materi berjudul : Bidan dalam perspektif global dalam menghadapi Era Society 5.0. Untuk sesi kedua disampaikan oleh ibu Ni Wayan Dwi R, A.Per.Pen.,M.Kes., dengan materi: peran bidan dalam upaya promotif dan preventif bidang kesehatan ibu dan anak di era society 5.0.

Kuliah tamu dilangsungkan selama dua jam, yang diikuti oleh 298 peserta baik mahasiswa, dosen dan tendik. Peserta sangat antusias dalam mengikuti kuliah ini. Diharapkan agar kuliah tamu dengan narasumber internasional tetap dilaksanakan setiap semester agar dapat mendukung tercapainya visi dan misi Prodi Diploma-III Kebidanan menjadi intitusi berwawasan global.




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment