Mahasiswa Prodi D-III Kebidanan PolkesMa Meraih Bronze Medal Lomba KTI Internasional
Pemenang Lomba dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tingkat Internasional pada Ajang 3rd GLOCOLIS (Global Competition for Life Sciences) Tahun 2023

By PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEBIDANAN MALANG 07 Jun 2023, 08:51:48 WIB berita
Mahasiswa Prodi D-III Kebidanan PolkesMa Meraih Bronze Medal Lomba KTI Internasional

Keterangan Gambar : Poster dalam Kompetisi 3rd GLOCOLIS (Global Competition For Life Sciences) Tahun 2023


Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang ilmiah melalui Karya Tulis Ilmiah (KTI) adalah salah satu bidang PKM yang mempunyai tujuan utama membantu dan menyediakan media bagi mahasiswa Indonesia untuk membuat artikel ilmiah dari hasil kegiatan akademik berkelompok yang telah dilakukan. PKM merupakan salah satu wujud implementasi Tridharma Perguruan Tinggi yang diluncurkan oleh Ditjen Diktiristek pada tahun 2022 di bawah pengelolaan Belmawa yang bertujuan untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa. PKM memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi Perguruan Tinggi.

Secara umum PKM bertujuan untuk mempersiapkan sumber daya mahasiswa yang berorientasi ke masa depan dan ditempa dengan transformasi Pendidikan Tinggi sehingga menjadi lulusan yang unggul, kompetitif, adaptif, fleksibel, produktif, berdaya saing dengan karakter Pancasila, serta memandu mahasiswa menjadi pribadi yang tahu dan taat aturan; kreatif dan inovatif; serta objektif dan kooperatif dalam membangun keragaman intelektual. Sebagai wujud meningkatkan minat, bakat, dan kreativitas mahasiswa serta peran aktif Poltekkes Kemenkes Malang khususnya Jurusan Kebidanan dalam program PKM tahun 2023, maka Jurusan Kebidanan melakukan proses pendampingan kepada mahasiswa dalam menyusun KTI untuk diikutkan dalam kompetisi PKM. Pendampingan penyusunan laporan KTI ini dibantu oleh dosen di jurusan Kebidanan, dengan berkoordinasi melalui penanggungjawab bidang kemahasiswaan dan ketua Prodi Diploma-III Kebidanan.

Untuk meningkatkan capaian prestasi mahasiswa dan Prodi Diploma III Kebidanan, Jurusan Kebidanan, Poltekkes Kemenkes Malang, maka proses pembimbingan oleh dosen pembimbing dilakukan secara intensif kepada kelompok KTI yang sudah dikoordinasi oleh HMP. Pada kegiatan kali ini, tim KTI mengikuti lomba PKM tingkat internasional, yaitu: 3rd GLOCOLIS (Global Competition for Life Sciences) tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA), Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Tim diketuai oleh Chintya DP, dengan anggota: Dita S, Yasmin A, Wulan RW, dan Salsabila H. Mahasiswa dibimbing oleh dosen pendamping ibu Gita Kostania, S.ST.,M.Kes. Kategori lomba yang diikuti adalah Food Science and Technology, yang diikuti oleh siswa SMP, SMA dan Perguruan Tinggi. Proses pendampingan secara intensif dilakukan selama kurang lebih satu bulan, mulai dari persiapan naskah, pembuatan produk, dan presentasi KTI. Tim KTI dari Prodi Diploma-III Kebidanan berhasil mendapatkan Bronze Medal untuk kategori Food Science and Technology tingkat Perguruan Tinggi dengan mengusung tema: cegah stunting dengan pemberian makanan tambahan pada kelompok ibu hamil beresiko. Adapun judul abstrak yang dipresentasikan adalah: “The use of lens culinaris to prevent stunting, with the innovation of processed cookies as an addictional food for pregnant women”.  KTI ini disusun berdasarkan latar belakang masih tingginya angka stunting di Indonesia, dan keterlibatan bidan dalam upaya pendampingan ibu hamil untuk mencegah stunting dengan pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil beresiko. Setelah mengikuti beberapa tahapan lomba, tim KTI berhasil mendapatkan penghargaan pemenang lomba untuk Bronze Medal tingkat Perguruan tinggi dari 10 nominee. Kegiatan KTI ini mampu menghasilkan karya berupa: abstrak/ full text naskah KTI, poster KTI, dan produk berupa cookies lentil. Dengan adanya pencapaian ini, semoga dapat memotivasi seluruh civitas akademika untuk meningkatkan prestasi akademik maupun non akademik di tingkat internasional.

 

*Pengumuman Lomba: https://www.youtube.com/live/NQCnC_1Tn2s?feature=share




Video Terkait:

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment